Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Manfaat Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Teks Arab Latin Arti Terjemah

Keutamaan-Manfaat-Bacaan-Sholawat-Nariyah-Lengkap-Teks-Arab-Latin-Arti-Terjemah
Keutamaan Manfaat Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Teks Arab Latin Arti Terjemah Keutamaan-Manfaat-Bacaan-Sholawat-Nariyah-Lengkap-Teks-Arab-Latin-Arti-Terjemah

Sholawat Nariyah, yaitu salah satu shalawat yang memiliki keutamaan bagi orang mengamalkannya. Shalawat adalah permohonan kepada Allah SWT agar memberikan berkah, keselamatan, dan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Perintah BerSholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Sebagaimana Allah SWT  Dalam Qs. al-Baqarah: 157,

أُو۟لَٰٓئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَٰتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُهْتَدُونَ

Artinya: "Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka..." (Al-Baqarah: 157)

Firman Allâh  :

 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 

Sesungguhnya Allâh dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya [al-Ahzâb/33: 56]

Dalam hadits, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda 

: صَلُّوا عَلَيَّ؛ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا 

Bershalawatlah kalian untukku. Sesungguhnya barang siapa bershalawat untukku satu kali, niscaya Allâh akan bershalawat untuknya sepuluh kali [HR. Muslim 1/288-289 no. 384]

Sholawat Nariyah atau sholawatul Munfarijah (Pembebasan) itu sebagai berikut: Allahumma Sholli Sholaatan Kaamilatan Wasallim Salaaman 'Ala Sayyidina Muhammadinillazii Tanhalu Bihil ‘Uqodu, Watanfariju bihilkurobu watatuqlo bihil hawaaiju watunaalu bihirroghooibu wahusnul khowaatim wayustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi, wa'alaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin bi 'adadi kulli ma'luumin llaka.

Artinya:
"Wahai Allah. Limpahkanlah keberkahan (sholawat) dan keselamatan yang sempurna kepada junjungan kami, Muhammad, pada setiap pandangan mata dan hembusan napas makhluk Engkau sebanyak bilangan dalam pengetahuan Engkau. Karena kekuasaan Engkau-lah terlepas belenggu kesempitan kehidupan, hilang kesusahan, terpenuhi berbagai kebutuhan, terjangkau segala yang diinginkan, tercapai akhir kehidupan yang baik, serta turun hujan dari awan. Juga keberkahan (sholawat) kepada keluarga dan sahabatnya."

Berikut adalah bacaan sholawat nariyah,

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ

وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu. Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju 

Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.

Terjemahan dari sholawat tersebut adalah,

“Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan.”

“Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

Keutamaan Sholawat Nariyah

1. Doa dikabulkan . 

Jikalau memiliki hajat yang harus segera dipenuhi maka perlu ada ikhtiar untuk mencapainya. Tidak hanya ikhtiar tetapi juga berdoa dengan sepenuh hati agar Allah mendengar hajat hamba-Nya.
Salah satu cara agar doa tersebut memiliki nilai yang lebih baik sehingga lebih mudah untuk dikabulkan adalah dengan mengiringinya dengan sholawat.

2.Pintu rezeki dimudahkan. 

Manusia memang sudah ditetapkan rezekinya. Meskipun begitu, tetap menjadi tugas manusia untuk berikhtiar meraih rezeki tersebut. Salah satu rumus agar rezeki itu bisa dicapai dengan mudah adalah dengan bersholawat. Di setiap doa yang dilafadzkan juga harus diiringi dengan sholawat.

3. Segala Urusan dipermudah  
Rasulullah bersabda bahwa siapa saja yang mengamalkan bacaan sholawat nariyah ini akan memiliki keutamaan yang sangat besar. Keutamaan tersebut adalah akan dipermudahkan jalannya dan dikabulkan hajat yang diinginkannya.

4. Dijauhkan dari penyakit dan bahaya bagi seseorang yang membaca shalawat nariyah dapat terhindar dari segala penyakit dan bentuk kesusahan lainnya dan juga diberikan kesenangan didunia serta dijauhkan dari kesukaran yang bisa menyulitkan hidupnya.

Demikian Keutamaan Manfaat Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Teks Arab Latin Arti Terjemah, semoga bermanfaat