Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Dzikir Doa Pelunas Hutang dan Pembuka Pintu Rezeki Hutang Cepat Lunas Rezeki Lancar

Bacaan-Doa-Doa-Pelunas-Hutang-dan-Pembuka-Pintu-Rezeki-Utang-Cepat-Lunas-Rezeki-Lancar
Bacaan Dzikir Doa Pelunas Hutang dan Pembuka Pintu Rezeki

Dzikir Doa Pelunas Hutang dan Pembuka RezekiRezeki adalah karunia dari Allah SWT yang telah di tentukan kadarnya ketika kita dilahirkan , jadi jangan khawatir, namun sebagai makhluk kita wajib berikhtiar untuk mendapatkannya disertai dengan berdoa kepada Allah SWT.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

“Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” (HR. Muslim no. 2653, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash)

Dalam hadits lainnya disebutkan,

إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَمَ فَقَالَ اكْتُبْ. فَقَالَ مَا أَكْتُبُ قَالَ اكْتُبِ الْقَدَرَ مَا كَانَ وَمَا هُوَ كَائِنٌ إِلَى الأَبَدِ

“Sesungguhnya awal yang Allah ciptakan (setelah ‘arsy, air dan angin) adalah qalam (pena), kemudian Allah berfirman, “Tulislah”. Pena berkata, “Apa yang harus aku tulis”. Allah berfirman, “Tulislah takdir berbagai kejadian dan yang terjadi selamanya.” (HR. Tirmidzi no. 2155. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dalam Perjalanan manusia , liku-liku kehidupan manusia mengalami pasang surut kehidupan kadang hidup menyenangkan disertai rezeki harta benda berlimpah tetapi kadang menyedihkan disertai kekurangan harta benda, manakala Allah SWT melimpahkan rezeki yang berlimpah terkadang manusia tidak bersyukur lupa kepadaNya, tetapi bila dalam kesempitan hidup manusia baru mau berdoa memohon agar diberikan keluasan rezeki terlebih jika kondisi kita dalam keadaan terdesak salah satunya Hutang Piutang .

Berbagai macam ikhtiar tentunya harus dilakukan agar segera bisa melunasi utang, termasuk ikhtiar doa. Salah satunya adalah dengan doa yang pernah diajarkan Rasulullah ﷺ kepada seorang sahabat Anshar, sebagaimana yang diriwayatkan Abu Dawud, nomor hadis 1555, berikut ini.    

Disebutkan oleh Abu Sa‘id al-Khudri, pada suatu hari, Rasulullah ﷺ masuk ke masjid. Ternyata di sana sudah ada seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Umamah. Beliau kemudian menyapanya, “Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?” Abu Umamah menjawab, “Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul.” Beliau kembali bertanya, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?” Umamah menjawab, “Tentu, ya Rasul.” Beliau melanjutkan, “Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah:”   

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”   

Abu Umamah menuturkan, “Setelah aku mengamalkan doa itu, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.” 

Dari Ali RA, Nabi SAW pernah mengajarkan doa Mustajab sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki halal-Mu agar terhindar dari yang Kau haramkan. Jadikanlah aku kaya karena karunia-Mu, bukan karena karunia selain-Mu. (HR al-Tirmidzi No. 3563).

Hadis riwayat al-Tirmidzi dan juga riwayat Ahmad dan al-Hakim tersebut berisi doa permohonan untuk mendapatkan kecukupan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Secara lengkap hadis tersebut berasal dari riwayat Sahabat Ali bin Abi Thalib ra: “Sesungguhnya ada seorang budak mukatab (budak yang dalam proses memerdekakan diri) mendatanginya dan berkata, “Sungguh aku sudah tak mampu memerdekakan diriku. Tolonglah aku.”

Kemudian Ali berkata: “Maukah engkau kuajari kalimat-kalimat doa yang diajarkan Rasulullah kepadaku jika engkau memiliki hutang sebesar gunung Shiir pun akan dilunasi oleh Allah?

Maka ucapkanlah: “Allahummakfini bihalalika ‘an haramika wa aghnini bi fadhlika ‘amman siwaka” Artinya: Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki halal-Mu agar terhindar dari yang Kau haramkan. Jadikanlah aku kaya karena karunia-Mu, bukan karena karunia selain-Mu.


Doa Agar Diberi Rezeki yang Lancar

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مُبَارَكًا

Alloohumma innii as-aluka min fadhlika wa ‘athoo-ika rizqon thoyyiban mubaarokan.
“Ya Allah, dengan karunia dan anugerah-Mu, aku meminta rezeki yang baik lagi diberkahi.”


Doa Agar Terhindar dari Utang

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَ الْحَزَنِ وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَ الْكَسَلِ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَ الْبُخْلِ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

Alloohumma innii a’uudzu bika minal hammi wal hazani, wa a’uudzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’uudzu bika minal jubni wal bukhli, wa ‘auudzu bika min qohrir rijaal.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesumpekan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari ketakutan dan kekikiran, dari lilitan utang dan kezaliman orang-orang.”


Doa Orang yang Mengalami Kesulitan Ekonomi

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِيْ وَ مَالِيْ وَ دِيْنِيْ، اَللّٰهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَ بَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَ لَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillaahi ‘alaa nafsii wa maalii wa diinii, alloohumma rodhdhinii bi qodhoo-ika, wa baarik lii fiimaa quddira lii hatta laa uhibba ta’jiila maa akhkhorta wa laa ta`khiiro maa ‘ajjalta.

“Dengan menyebut nama Allah untuk diriku, harta dan agamaku. Wahai Tuhanku, berilah kepadaku perasaan rela atas ketetapan-Mu dan berkahilah segala yang diberikan kepadaku supaya aku tidak suka mencepatkan yang Engkau lambatkan dan tidak suka melambatkan apa-apa yang Engkau cepatkan.” (HR. Ibnu Sunni)


Doa Saat Belum Mampu Membayar Hutang

اَللّٰهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Alloohummak finii bi halaalika ‘an haroomika wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka.

“Ya Allah, cukupkanlah aku dengan barang yang halal hingga aku tidak butuh kepada yang haram dan cukupkanlah aku dengan keutamaan-Mu hingga aku tidak butuh kepada selain-Mu.” (HR. Turmudzi)


Doa Agar Terhindar dari Kemiskinan

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْفَاقَةِ، وَ الْقِلَّةِ وَالذِّلَّةِ، وَ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ

Alloohumma innii a’uudzu bika minal faqri wal faaqoh, wal qillati wadz dzillah, wa a’uudzu bika an adzlima aw udzlama.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kekurangan, kehinaan, dan aku berlindung kepada-Mu dari melakukan kezaliman dan dizalimi.”


Doa Saat Masuk Tempat Kerja

رَبِّ أَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخِّرْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا

Robbi adkhilnii mudkhola shidqin wa-akhrijnii mukhroja shidqin waij’al lii min ladunka sulthoonan nashiiroon.

“Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).”


Doa Agar Terhindar dari Kesempitan Rezeki

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ. اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Alloohummaghfir lii warhamnii warzuqnii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii. Alloohumma innii a’uudzu bika min dhiiqid dun-yaa wa dhiiqi yaumil qiyaamati. Walhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin.

“Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, berilah rezeki kepadaku, sejahterakanlah aku, maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kesempitan dunia dan pada hari kiamat. Dan, Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.”


Doa Penarik Rezeki dan Kekayaan


اَللّٰهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَا عَزِيْزُ يَا مُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِاِعْزَازِ عِزَّةِ قُدْرَتِكَ وَيَا مُيَسِّرَ اْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَا خَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اَللهُ

Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadaa, wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzanii bi-i’zaazi ‘izzati qudrotik, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa wad diinni, yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

“Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.”


Doa Memohon Datangnya Rezeki yang Tak Terduga

رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَآءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِاَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ

Robbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minas samaa-i takuunu lanaa ‘iidal li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqiin.

“Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berilah kami rezeki, dan Engkau Pemberi Rezeki yang paling utama

Bagi orang yang benar-benar beriman, Allah adalah segalanya. Allah adalah tempat bergantungnya semua makhluk. Karena itu, problem apapun dan sebesar apapun, jika diserahkan kepada Allah dan dimintakan pertolongan kepadaNya, maka Allah pasti bisa mengatasinya.

Untuk mendapatkan pertolongan Allah, syaratnya harus benar-benar beriman dan mau memenuhi perintah-Nya. Allah menyatakan: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), “Aku itu dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (al-Baqarah 186).

Demikian doa yang diajarkan Rasulullah ﷺ agar kita terlepas dari lilitan utang yang sering kali diikuti oleh rasa ketakutan, kesusahan, kelemahan, kekikiran, dan seterusnya. Semoga Allah mengabulkan doa dan permohonan kita semua. Amîn yâ mujîbas sâ’ilîn. 

Bacaan Doa-Doa Pelunas Hutang dan Pembuka Pintu Rezeki, Utang Cepat Lunas Rezeki Lancar