Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sholat Khusyu dan Kiat agar bisa Shalat Khusyu seperti Rasulullah SAW

Rahasia-cara-shalat-Khusyu-dan-kiat-agar-bisa-sholat-khusyu-sesuai-tuntunan-rasulullah-SAW
Cara Sholat Khusyu dan Kiat agar bisa Shalat Khusyu seperti Rasulullah SAW  - Shalat merupakan ibadah utama yang akan pertama dihisab dan amal pertama yang akan ditanyakan ketika seseorang masuk ke dalam kuburnya. Begitu penting shalat di antara amal ibadah ini maka seorang muslim diwajibkan mengerjakannya lima kali sehari semalam, di tambah lagi dengan shalat-shalat sunnah.

Allah SWT berfirman: " WASSHOLAATA LIDZIKRI" ( maka sholatlah kamu untuk mengingat kepada-Ku ). Dalam suatu hadist dikatakan juga " LA SHOLAATA ILLA BIKHUDHURIL QOLBI" [ Tidak dikatakan solat kecuali hatinya hadir (ingat kpd Allah swt) ]

Walaupun dari takbirotul ihrom sampai salam sama-sama tamat, tapi sholatnya tidak khusyu,karena hatinya tidak bersama-Nya, kepada-Nya, oleh-Nya, dari-Nya, dianggap RUSAK SHOLATNYA, utuh luarnya tapi dalamnya keropos karena tidak ada khusyu

Lisan membaca bacaan-bacaan solat, rasakan dan denyutkan hati dengan Dzikrullah Insya Allah sholat kita akan khusyu dan nikmat. Memang tidak setiap solat bisa begitu, mungkin karena urusan-urusan dunia seperti pekerjaan dan lain-lainnya, apalagi dalam diri kita banyak setan-setan kadang juga bisa lalai. Tapi yang penting kalau lupa, kita ingatkan. Kalo putus sambung lagi.

Khusyuโ€™ dalam Shalat

Khusyuโ€™ dalam shalat adalah cermin kekhusyuโ€™an seseorang di luar shalat.
Khusyuโ€™ dalam shalat adalah sebuah ketundukan hati dalam dzikir dan konsentrasi hati untuk taat, maka ia menentukan nataโ€™ij (hasil-hasil) di luar shalat. Oleh karena itulah Allah memberi jaminan kebahagiaan bagi muโ€™min yang khusyuโ€™ dalam shalatnya.

ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽูู’ู„ูŽุญูŽ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ูู…ู’ ุฎูŽุงุดูุนููˆู†ูŽ

โ€œSungguh beruntung orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang yang dalam shalatnya selalu khusyuโ€™โ€ (Al-Muโ€™minun:1-3).

Begitu juga iqamatush-shalah yang sebenarnya akan menjadi kendali diri sehingga jauh dari tindakan keji dan munkar. Allah berfirman,

ูˆูŽุฃูŽู‚ูู…ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูŽ ุชูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ููŽุญู’ุดูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู ูˆูŽู„ูŽุฐููƒู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽุง ุชูŽุตู’ู†ูŽุนููˆู†ูŽ

โ€œDan tegakkanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah tindakan keji dan munkarโ€ (Al-Ankabut:45).

Sebaliknya, orang yang melaksanakan shalat sekedar untuk menanggalkan kewajiban dari dirinya dan tidak memperhatikan kualitas shalatnya, apalagi waktunya, maka Allah dan Rasul-Nya mengecam pelaksanaan shalat yang semacam itu. Allah berfirman,

ููŽูˆูŽูŠู’ู„ูŒ ู„ูู„ู’ู…ูุตูŽู„ู‘ููŠู†ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ูู…ู’ ุณูŽุงู‡ููˆู†ูŽ

โ€œMaka celakalah orang-orang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnyaโ€ (Al-Maun: 4-5)

Shalat yang tidak khusyuโ€™ merupakan ciri shalatnya orang-orang munafik. Seperti yang Allah firmankan,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูู†ูŽุงููู‚ููŠู†ูŽ ูŠูุฎูŽุงุฏูุนููˆู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฎูŽุงุฏูุนูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ู‚ูŽุงู…ููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ู‚ูŽุงู…ููˆุง ูƒูุณูŽุงู„ูŽู‰ ูŠูุฑูŽุงุกููˆู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู‚ูŽู„ููŠู„ู‹ุง

โ€œSessungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, padahal Allah (balas) menipu mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri malas-malasan, mereka memamerkan ibadahnya kepada banyak orang dan tidak mengingat Allah kecuali sangat sedikitโ€ (An-Nisaโ€™:142).

Rasulullah saw. bersabda,

ุชูู„ู’ูƒูŽ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุงู„ู’ู…ูู†ูŽุงููู‚ู ูŠูŽุฌู’ู„ูุณู ูŠูŽุฑู’ู‚ูุจู ุงู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ู‚ูŽุฑู’ู†ูŽูŠู’ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ู‚ูŽุงู…ูŽ ููŽู†ูŽู‚ูŽุฑูŽู‡ูŽุง ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู‹ุง ู„ูŽุง ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูููŠู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ู‚ูŽู„ููŠู„ู‹ุง

โ€œItulah shalat orang munafiq, ia duduk-duduk menunggu matahari sampai ketika berada di antara dua tanduk syetan, ia berdiri kemudian mematok empat kali, ia tidak mengingat Allah kecuali sedikit.โ€ (Diriwayatkan Al-Jamaโ€™ah kecuali Imam Bukhari).

Hilangnya kekhusyuโ€™an dalam shalat adalah musibah (bencana) besar bagi seorang mukmin. Ini bisa memberi pengaruh buruk terhadap pelaksanaan agamanya, karena shalat adalah tiang penyangga tegaknya agama. Maka Rasulullah saw. berlindung kepada Allah, โ€œYa, Allah aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuโ€™, jiwa yang tidak puas, mata yang tidak menangis, dan doโ€™a yang tidak diijabahiโ€

Khusyuโ€™ adalah puncak mujahadah dalam beribadah, hanya dimiliki oleh mukmin yang selalu bersungguh-sungguh dalam muraqabatullah. Khusyuโ€™ bersumber dari dalam hati yang memiliki iman kuat dan sehat. Maka khusyuโ€™ tidak dapat dibuat-buat atau direkayasa oleh orang yang imannya lemah. Pernah ada seorang laki-laki berpura-pura shalat dengan khusyuโ€™ di hadapan umar bin Khatthab ra. dan ia menegurnya, โ€œHai pemilik leher. Angkatlah lehermu! Khusyu; itu tidak berada di leher namun berada di hati.โ€

Ayat-ayat tentang khusyuโ€™ dalam shalat:

โ€œJadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuโ€™. (Yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.โ€ (Al-Baqarah: 45-46).

โ€œSesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyuโ€™ dalam sembahyangnya.โ€ (Al-Mukminun: 1-2).

โ€œPeliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuโ€™.โ€ (Al-Baqarah: 238).

Al-Mujahid berkata, โ€œDi antara bentuk qunut adalah tunduk, khusyuโ€™, menundukkan pandangan, dan merendah karena takut kepada Allah.

โ€œMaka apabila kamu Telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.โ€ (Al-Insyirah: 7-8)

Al-Mujahid berkata, โ€œKalau kamu selesai dari urusan dunia segeralah malakukan shalat, jadikan niat dan keinginganmu hanya kepada Allah.โ€

Hadits-hadits dan atsar anjuran tentang shalat khusyuโ€™

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ โ€ ูŽุงู’ุฐููƒูุฑู ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชูŽ ููู‰ ุตูŽู„ุงูŽุชููƒูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชูŽ ููู‰ ุตูŽู„ุงูŽุชูู‡ู ู„ูŽุญูŽุฑููŠู‘ูŒ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุญู’ุณูู†ูŽ ุตูŽู„ุงูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุตูŽู„ุงูŽุฉูŽ ุฑูŽุฌูู„ู ู„ุงูŽ ูŠูŽุธูู†ู‘ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุตูŽู„ุงูŽุฉู‹ ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฅููŠู‘ูŽุงูƒูŽ ูˆูŽูƒูู„ู‘ู ุฃูŽู…ู’ุฑู ูŠูุนู’ุชูŽุฐูŽุฑู ู…ูู†ู’ู‡ู โ€ ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฏูŠู„ู…ูŠ ูู‰ ู…ุณู†ุฏ ุงู„ูุฑุฏูˆุณ ูˆุญุณู†ู‡ ุงู„ุญุงูุธ ุงุจู† ุญุฌุฑ ูˆ ุชุงุจุนู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ

Anas ra berkata, Rasulullah saw bersabda, โ€œIngatlah akan kematian dalam shalatmu karena jika seseorang mengingat kematian dalam shalatnya tentu lebih mungkin bisa memperbagus shalatnya dan shalatlah sebagaimana shalatnya seseorang yang mengira bahwa bisa shalat selain shalat itu. Hati-hatilah kamu dari apa yang membutmu meminta ampunan darinya.โ€ (Diriwayatkan Ad-Dailami di Musnad Firdaus, Al-Hafidz Ibnu Hajar menilainya hasan lalu diikuti Albani.

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฃูŽูŠู‘ููˆุจูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูุธู’ู†ููŠ ูˆูŽุฃูŽูˆู’ุฌูุฒู’ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูุฐูŽุง ู‚ูู…ู’ุชูŽ ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุชููƒูŽ ููŽุตูŽู„ู‘ู ุตูŽู„ูŽุงุฉูŽ ู…ููˆูŽุฏู‘ูุนู ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูƒูŽู„ู‘ูŽู…ู’ ุจููƒูŽู„ูŽุงู…ู ุชูŽุนู’ุชูŽุฐูุฑู ู…ูู†ู’ู‡ู ุบูŽุฏู‹ุง ูˆูŽุงุฌู’ู…ูŽุนู’ ุงู„ู’ุฅููŠูŽุงุณูŽ ู…ูู…ู‘ูŽุง ูููŠ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏ ูˆุญุณู†ู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ

Abu Ayyub Al-Anshari ra berkata, seseorang datang kepada Nabi saw. lalu berkata, โ€œNasihati aku dengan singkat.โ€ Beliau bersabda, โ€œJika kamu hendak melaksanakan shalat, shalatnya seperti shalat terakhir dan janganlah mengatakan sesuatu yang membuatmu minta dimaafkan karenanya dan berputus asalah terhadap apa yang ada di angan manusia.โ€ (Diriwayatkan Ahmad dan dinilai hasan oleh Albani).

ุนูŽู†ู’ ู…ูุทูŽุฑู‘ููู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ูˆูŽูููŠ ุตูŽุฏู’ุฑูู‡ู ุฃูŽุฒููŠุฒูŒ ูƒูŽุฃูŽุฒููŠุฒู ุงู„ุฑู‘ูŽุญูŽู‰ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุจููƒูŽุงุกู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ

Dari Mutharif dari ayahnya berkata, โ€œAku melihat Rasulullah saw shalat dan di dadanya ada suara gemuruh bagai gemuruhnya penggilingan akibat tangisan.โ€ (Diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi).

ุนูŽู†ู’ ุนูู‚ู’ุจูŽุฉูŽ ุจู’ู†ูŽ ุนูŽุงู…ูุฑู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠูู‘ ู‚ูŽุงู„ูŽ โ€œู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูŠูŽุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃ ููŽูŠูุณู’ุจูุบู ุงู„ู’ูˆูุถููˆู’ุกูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู’ู…ู ููู‰ ุตูŽู„ุงูŽุชูู‡ู ููŽูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู†ู’ุชูŽููŽู„ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูƒูŽูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุฏูŽุชู’ู‡ู ุฃูู…ู‘ูู‡ู ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุญุงูƒู… ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ

Utbah bin Amir meriyatkan dari Nabi yang bersabda, โ€œTidaklah seorang muslim berwudhu dan menyempurnakan wudhunya lalua melaksakan shalat dan mengetahuai apa yang dibacanya (dalam shalat) kecuali ia terbebas (dari dosa) seperti di hari ia dilahirkan ibunya.โ€ (Diriwayatkan Al-Hakim dan dinilai shahih oleh Albani).

Kecaman Bagi yang Meninggalkan Kekhusyukan

Sifat seorang mukmin adalah khusyuโ€™ dalam shalat, sementara orang yang lalai dan tidak bisa khusyuโ€™ dalam shalatnya seperti sifat orang-orang munafik.

Allah berfirman,

โ€œSesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, padahal Allah yang (membalas) menipu mereka. Apabila hendak shalat, mereka melaksanakannya dengan malas dan ingin dilihat manusia serta tidak berzikir kepada Allah kecuali sedikit sekali. Mereka dalam keadaan ragu-ragu antara yang demikian (iman atau kafir): tidak masuk kepada golongan Ini (orang-orang beriman) dan tidak (pula) kepada golongan itu (orang-orang kafir), Maka kamu sekali-kali tidak akan mendapat jalan (untuk memberi petunjuk) baginya.โ€ (An-Nisaโ€™ : 142-143).

Inilah sifat orang-orang munafik dalam amal yang sangat mulia, shalat. Ini disebabkan pada diri mereka tidak ada niat, rasa takut, dan keimanan kepada Allah. Sifat lahiriyah mereka adalah malas dan sifat batiniyah lebih buruk lagi, agar dilihat oleh orang lain.

Seperti firman Allah yang lain,

โ€œDan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan Karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan.โ€ (At-Taubah: 54).

Dalam kondisi apapun mereka tidak melakukan shalat selain bermalas-malasan. Karena tidak ada pahala yang mereka harapkan dan tidak ada yang mereka takutkan. Maka dengan shalat itu mereka hanya ingin menampakkan sebagai orang Islam dan demi kepentingan dunia semata.

Rasulullah pernah mengingatkan orang yang nampak tidak khusyuโ€™ dalam shalatnya bahkan menyusuh orang itu untuk mengulanginya. Abu Hurairah meriwatkan,

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ููŽุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ููŽุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุซูู…ู‘ูŽ ุฌูŽุงุกูŽ ููŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽุฑูŽุฏู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽุงู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุฑู’ุฌูุนู’ ููŽุตูŽู„ู‘ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ู„ูŽู…ู’ ุชูุตูŽู„ู‘ู ููŽุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุซูู…ู‘ูŽ ุฌูŽุงุกูŽ ููŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุฑู’ุฌูุนู’ ููŽุตูŽู„ู‘ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ู„ูŽู…ู’ ุชูุตูŽู„ู‘ู ุซูŽู„ูŽุงุซู‹ุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุจูŽุนูŽุซูŽูƒูŽ ุจูุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ููŽู…ูŽุง ุฃูุญู’ุณูู†ู ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ู ููŽุนูŽู„ู‘ูู…ู’ู†ููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูุฐูŽุง ู‚ูู…ู’ุชูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ููŽูƒูŽุจู‘ูุฑู’ ุซูู…ู‘ูŽ ุงู‚ู’ุฑูŽุฃู’ ู…ูŽุง ุชูŽูŠูŽุณู‘ูŽุฑูŽ ู…ูŽุนูŽูƒูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุซูู…ู‘ูŽ ุงุฑู’ูƒูŽุนู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุทู’ู…ูŽุฆูู†ู‘ูŽ ุฑูŽุงูƒูุนู‹ุง ุซูู…ู‘ูŽ ุงุฑู’ููŽุนู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุนู’ุชูŽุฏูู„ูŽ ู‚ูŽุงุฆูู…ู‹ุง ุซูู…ู‘ูŽ ุงุณู’ุฌูุฏู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุทู’ู…ูŽุฆูู†ู‘ูŽ ุณูŽุงุฌูุฏู‹ุง ุซูู…ู‘ูŽ ุงุฑู’ููŽุนู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุทู’ู…ูŽุฆูู†ู‘ูŽ ุฌูŽุงู„ูุณู‹ุง ุซูู…ู‘ูŽ ุงุณู’ุฌูุฏู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุทู’ู…ูŽุฆูู†ู‘ูŽ ุณูŽุงุฌูุฏู‹ุง ุซูู…ู‘ูŽ ุงูู’ุนูŽู„ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุชููƒูŽ ูƒูู„ู‘ูู‡ูŽุง

Bahwa Nabi masuk masjid kemudian masuk pula seseorang ke dalam masjid lalu ia shalat dan mengucapkan salam kepada beliau. Nabi saw menjawab salamnya dan bersabda, โ€œKembalilah dan shalatlah lagi, sebab kamu belu shalat.โ€ Serta merta orang itu pun shalat lalu mengucapkan salam kepada Nabi saw dan beliau besabda, โ€œKembalilah dan shalatlah lagi, sebab kamu belu shalat,โ€ tiga kali. Orang itu berkata, โ€œDemi Dzat yang mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak bisa lebih baik dari itu, maka ajarilah aku.โ€ Beliau bersabda, โ€œApabila kamu hendak shalat beratkbirlah lalu bacalah apa yang mudah bagimu dari Al-Qurโ€™an (Al-Fatihah). Lalu rukuโ€™lah sampai kamu benar-benar tenang dalam rukuโ€™, kemudian angkatlah sampai tegak berdiri, lalu sujudlah sampai tenang dalam sujud, kemudian bangunlah sampai kamu tenang dalam duduk, kemudian sujudlah sampai kamu tenang dalam sujud. Lakukan hal itu dalam semua shalatmu.โ€
Abu Dardaโ€™ meriwatkan dari Nabi saw. yang bersabda,

ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุดูŽูŠู’ุฆู ูŠูุฑู’ููŽุนู ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฃูู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ุฎูุดููˆู’ุนู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู„ุงูŽ ุชูŽุฑูŽู‰ ูููŠู’ู‡ูŽุง ุฎูŽุงุดูุนู‹ุง

โ€œHal pertama yang diangkat dari ummat ini adalah khusyuโ€™sampai-sampai kamu tidak menemukan seorang pun yang khusyuโ€™.โ€ (Thabrani dengan sanad baik dan dinilai shahih oleh Albani).

Thalq bin Ali Al-Hanafi ra berkata, Rasulullah saw bersabda,

ู„ุงูŽ ูŠูŽู†ู’ุธูุฑู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ุงูŽุฉ ูŽุนูŽุจู’ุฏู ู„ุงูŽ ูŠูู‚ูŠู’ู…ู ูููŠู’ู‡ูŽุง ุตูู’ู„ู’ุจูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฑูƒููˆู’ุนูู‡ูŽุง ูˆูŽ ุณูุฌููˆู’ุฏูู‡ูŽุง

โ€œAllah tidak akan melihat shalat seseorang hamba yang tidak tegak tulang sulbinya antara tukuโ€™ dan sujudnya.โ€ (Diriwayatkan Thabrani dan dishahihkan Albani).

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุฃูŽุดู’ุนูŽุฑููŠ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ูุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฑูŽุฃู‰ ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ู„ุงูŽ ูŠูุชูู…ู‘ู ุฑููƒููˆู’ุนูŽู‡ู ูˆูŽูŠู†ู’ู‚ูุฑู ููู‰ ุณูุฌููˆู’ุฏูู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : โ€œู„ูŽูˆู’ ู…ูŽุงุชูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุงู„ูู‡ู ู‡ูŽุฐูู‡ู ู…ูŽุงุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ูู„ู‘ูŽุฉู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽโ€ ู…ูŽุซูŽู„ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู„ุงูŽ ูŠูุชูู…ู‘ู ุฑููƒููˆู’ุนูŽู‡ู ูˆูŽ ูŠูŽู†ู’ู‚ูุฑู ููู‰ ุณูุฌููˆู’ุฏูู‡ู ู…ูŽุซู„ู ุงู„ู’ุฌูŽุงูุฆุน ุŒ ูŠูŽุฃูƒูู„ู ุงู„ุชู‘ูŽู…ู’ุฑูŽ ุฉูŽ ุฃูŽูˆู ุงู„ุชู‘ูŽู…ู’ุฑูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู„ุงูŽ ูŠูุบู’ู†ููŠูŽุงู†ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุงโ€

Abu Abdullah Al-Asyโ€™ari meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. melihat seseorang yang tidak menyempurnakan rukuโ€™nya dan mematok dalam sujudnya dalam shalatnya. Rasulullah saw bersabda, โ€œKalau orang ini mati dalam keadaan seperti ini tentu ia mati di luar agama Muhammad saw.โ€ Lalu beliau bersabda lagi, โ€œPerumpamaan orang yang tidak menyempurnakan rukuโ€™nya dan mematok dalam sujudnya bagai orang lapar lalu ia makan satu atau dua biji kurma namun tidak merasa kenyang sedikit pun.โ€ (Diriwayatkan Thabrani di Al-Kabir, Abu Yaโ€™la, dan Khuzaimah. Albani menilainya hasan).

Ibul Qayyim

Lima tingkatan manusia dalam shalat:

Pertama: Tingkatan orang yang mendzalimi dan sia-sia. Orang yang selalu kurang dalam hal wudhuโ€™nya, waktu-waktu shalatnya, batasan-batasannya, dan rukun-rukunnya.

Kedua: Orang yang memelihara waktu-waktunya, batasan-batasannya, rukun-rukun lahiriyahnya, dan wudhuโ€™nya. Akan tetapi ia tidak bermujahadah terhadap bisikan-bisikan di saat shalat akhirnya ia larut dalam bisikan itu.

Ketiga: Orang yang memelihara waktu-waktunya, batasan-batasannya, rukun-rukun lahiriyahnya, dan wudhuโ€™nya. Ia juga bermujahadah melawan bisikan-bisikan dalam shalatnya agar tidak kecolongan dengan shalatnya. Maka ia senantiasa dalam shalat dan dalam jihad.

Keempat: Orang yang ketika melaksanakan shalat ia tunaikan hak-haknya, rukun-rukunnya, dan batasan-batasannya. Haitnya tenggelam dalam upaya memelihara batasan-batasannya dan rukun-rukunnya agar tidak ada yang menyia-nyiakannya sedikitpun. Seluruh perhatiannya terpusat kepada upaya memenuhi sebagaimana mestinya, secara sempurna dan utuh. Hatinya benar-benar larut dalam urusan shalat dan penyembahann kepada Tuhannya.

Kelima: Orang yang menunaikan shalat seperti di atas (keempat) di samping itu ia telah meletakkan hatinya di haribaan Tuhannya. Dengan hatinya ia melihat Tuhannya, merasa diawasi-Nya, penuh dengan cinta dan mengagungkan-Nya. Seoalah-olah ia melihat da menyaksikan-Nya secara kasat mata. Seluruh bisikan itu menjadi kecil dan tidak berarti da ada hijad yang begitu tinggi antaranya dengan Tuhannya dalam shalatnya. Hijab yang lebih kuat daripada hijab antara langit dan bumi. Maka dalam shalatnya ia sibuk bersama Tuhannya yang telah menjadi penyejuk matanya.

Tingkatan pertama Muโ€™aqab (disiksa karena kelalaiannya), yang kedua Muhasab(dihisab), yang ketiga Mukaffar โ€˜Anhu (dihaspus kesalahannya), yang ketigaMutsab (mendapatkan pahala), dan yang kelima Muqarrab min Rabbihi (yang didekatkan kepada Tuhannya) karena ia mendapatkan bagian dalam hal dijadikannya shalat sebagai penyejuk mata. Barangsiapa yang dijadikan kesenangannya pada shalatnya di dunia ia akan didekatkan kepada Tuhannya di akhirat dan di dunia ia diberi kesenangan. Lalu barangsiapa yang kesenangannya ada pada Allah dijadikan semua orang senang kepadanya dan barangsiapa yang kesenangannya bukan pada Allah ia akan mendapatkan kegelisahan di dunia.

Kiat-kiat Khusyuโ€™ dalam Shalat

A. Mempersiapkan kondisi batin

1. Menghadirkan hati dalam shalat sejak mulai hingga akhir shalat.

2. Berusaha tafahhum (memahami) dan tadabbur (menghayati) ayat dan doโ€™a yang dibacanya sehingga timbul respon positif secara langsung.

3. Selalu mengingat Allah dan betapa sedikitnya kadar syukur kita.

4. Merasakan haibah (keagungan) Allah ketika berada di hadapan-Nya, terutama saat sujud. Rasulullah bersabda,

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู‚ู’ุฑูŽุจู ู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู†ู ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ู…ูู†ู’ ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุณูŽุงุฌูุฏูŒ ููŽุฃูŽูƒู’ุซูุฑููˆุง ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูŽ

Dari Abu Huirairah bahwa Rasulullah saw bersabda, โ€œSedekat-dekat seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika ia bersujud, maka perbanyaklah doa.โ€ (Riwayat Muslim)

5. Menggabungkan rasa rajaโ€™ (harap) dan khauf (takut) dalam kehidupan sehari-hari.

6. Merasakan hayaโ€™ (malu) kepada Allah dengan sebenar-benar hayaโ€™.

Rasulullah bersabda,

ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุกู ู„ูŽุง ูŠูŽุฃู’ุชููŠ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูุฎูŽูŠู’ุฑู

โ€œRasa malu tidak akan mendatangkan selain kebaikanโ€ (Muttafaq โ€˜alaih).

Dan para ulama berkata, โ€œHakikat hayaโ€™ adalah satu akhlak yang bangkit untuk meninggalkan tindakan yang buruk dan mencegah munculnya taqshir (penyia-nyiaan) hak orang lain dan hak Allah.โ€

B. Mempersiapkan kondisi lahiriyah:

1. Menjauhi yang haram dan maksiat lalu banyak bertaubah kepada Allah.

2. Memperhatikan dan menunggu waktu-waktu shalat.

Rasulullah saw. bersabda,

ู„ูŽุง ูŠูŽุฒูŽุงู„ู ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ูŠูŽู†ู’ุชูŽุธูุฑู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุญู’ุฏูุซู’

โ€œSeorang hamba senantiasa dalam keadaan shalat selama ia berada di dalam masjid menunggu (waktu) shalat selama tidak batal.โ€ (Bukhari Muslim).

3. Berwudluโ€™ sebelum datangnya waktu shalat. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.

ู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃูŽ ููŽุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽ ูˆูุถููˆุกูŽู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุนูŽุงู…ูุฏู‹ุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ู…ูŽุง ุฏูŽุงู…ูŽ ูŠูŽุนู’ู…ูุฏู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูŠููƒู’ุชูŽุจู ู„ูŽู‡ู ุจูุฅูุญู’ุฏูŽู‰ ุฎูุทู’ูˆูŽุชูŽูŠู’ู‡ู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŒ ูˆูŽูŠูู…ู’ุญูŽู‰ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุจูุงู„ู’ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰ ุณูŽูŠู‘ูุฆูŽุฉูŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุณูŽู…ูุนูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุงู„ู’ุฅูู‚ูŽุงู…ูŽุฉูŽ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุณู’ุนูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุธูŽู…ูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑู‹ุง ุฃูŽุจู’ุนูŽุฏููƒูู…ู’ ุฏูŽุงุฑู‹ุง ู‚ูŽุงู„ููˆุง ู„ูู…ูŽ ูŠูŽุง ุฃูŽุจูŽุง ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ู„ู ูƒูŽุซู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ุฎูุทูŽุง

Barangsiapa berwudhu dengan baik kemudian keluar untuk tujuan shalat. Maka orang itu berada dalam shalat selama ia bertujuan menuju shalat. Setiap satu langkahnya ditulis kebaikan dan langkah lainnya dihapus kesalahan.โ€ (Riwayat Imam Malik).

4. Berjalan ke masjid dengan tenang sambil membaca doโ€™a dan dzikirnya.

ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุชูŽูŠู’ุชูู…ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉูŽ ููŽุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุจูุงู„ุณู‘ูŽูƒููŠู†ูŽุฉู ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽุฃู’ุชููˆู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฃู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽุณู’ุนูŽูˆู’ู†ูŽ ููŽู…ูŽุง ุฃุฏู’ุฑูŽูƒู’ุชูู…ู’ ููŽุตูŽู„ู‘ููˆู’ุง ูˆูŽู…ูŽุง ููŽุงุชูŽูƒูู…ู’ ููŽุฃูŽุชูู…ู‘ููˆู’ุง

โ€œJika kalian berangkat shalat hendaklah dengan tenang janganlah kalian berangkat shalat tergesa-gesa, jika kalian mendapatinya shalatlah dan jika ketinggalan maka sempurnakan.โ€ (Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

5. Menempatkan diri pada shaf depan.

6. Melakukan shalat sunnah sebelum shalat wajib sebagai pemanasan.

7. Shalat dengan menjaga sunnahnya dan menghindari makruhnya.

Baca Juga Artikel


Demikian Rahasia kiat Khusyu dan cara agar bisa shalat khusyu sesuai shalat rasulullah SAW