Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah dan Manfaat Sholat Tahajud bagi yang Istiqomah Rutin Mengerjakannya

hikmah-dan-manfaat-sholat-tahajud-bagi-yang-istiqomah-rutin-mengerjakannya
Hikmah dan Manfaat Sholat Tahajud bagi yang Istiqomah Rutin Mengerjakannya  hikmah-dan-manfaat-sholat-tahajud-bagi-yang-istiqomah-rutin-mengerjakannya

Hikmah dan Manfaat Sholat Tahajud - Shalat Tahajud adalah shalat sunnah muakkad yang dilaksanakan pada malam hari atau sepertiga malam terakhir setelah bangun dari tidur. Shalat ini dapat dikerjakan minimal dua rakaat dengan satu salam. Walaupun tidak wajib, panggilan untuk shalat tahajud ini tercantum dalam Al-Qur’an

surat Al-Isra’ ayat 79 yang artinya:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Shalat tahajud juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat, yaitu dikabulkan doa-doanya dan diampuni dosanya 
( hadits Riwayat Bukhari dan Muslim )  
' Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman: “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, aku ampuni dia.”

Setiap Muslim seharusnya memiliki keinginan kuat untuk melaksanakan shalat Tahajud setiap malam hingga menjadi terbiasa. Orang-orang saleh zaman dahulu tekun menjalankannya, baik pada musin panas maupun dingin. Mereka memandang seolah-olah shalat Tahajud itu adalah sesuatu yang wajib (HR Tirmidzi).

Sholat Tahajud memberikan banyak manfaat besar dalam kehidupan mereka yang istiqamah menjalankannya.

1. Dapat menjaga kesehatan dari penyakit .

Tidak diragukan lagi, shalat Tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik dari berbagai macam penyakit. Karena itu, orang-orang yang membiasakan diri untuk Tahajud akan memiliki daya tahan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit.

Rasulullah SAW bersabda, "Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR Tirmidzi).

2. Dapat menjaga ketampanan atau kecantikan. 

Setap manusia pasti mendambakan ketampanan atau kecantikan dalam dirinya. Melalui terapi shalat Tahajud, seseorang dapat meraih apa yang didambakannya tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Yaitu, jaminan ketampanan atau kecantikan yang dihasilkan dari shalat Tahajud tidak terbatas pada tampilan lahir, juga dapat menghasilkan ketampanan atau kecantikan batin.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

3.Shalat Tahajud juga diyakini dapat meningkatkan produktivitas kerja yang berbasis spiritualitas

Salah satu program untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang andal secara intelektual, emosional, dan spiritual adalah membiasakan shalat Tahajud pada setiap malamnya.

Rasulullah SAW bersabda, "Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang di antara kalian ketika tidur dengan tiga ikatan dan setiap kali memasang ikatan dia berkata: ‘Malam masih panjang, maka tidurlah.’ Jika orang tadi bangun lalu berzikir kepada Allah SWT, terlepas satu ikatan. Jika dia berwudhu, terlepas satu ikatan yang lainnya. Dan jika dia melaksanakan shalat, terlepas semua ikatannya. Pada akhirnya, dia akan menjadi segar (produktif) dengan jiwa yang bersih. Jika tidak, dia akan bangun dengan jiwa yang kotor yang diliputi rasa malas.” (HR Bukhari).

4. Mempercepat tercapainya cita-cita dan rasa aman. 

Selain dengan usaha (ikhtiar) secara maksimal guna menggapai cita-cita dan rasa aman, seseorang hendaknya membiasakan diri untuk shalat Tahajud karena doa yang mengiringi Tahajud akan dikabulkan oleh Yang Maha Mengabulkan.

Rasulullah SAW bersabda, “Ketahuilah sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: Seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melakukan shalat. Allah berfirman kepada para malaikat-Nya, 'Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?' Mereka menjawab, 'Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.'” Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.” (HR Ahmad).

5. Doanya Mudah Dikabulkan

Apalagi bila seseorang melaksanakan Sholat Tahajud di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir maka akan dikabulkan doa-doanya oleh Allah SWT

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

6. Memiliki Sifat Rendah Hati;

Firman Allah SWT, “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu adalah orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan sujuddan berdiri untuk Tuhan mereka.”

7. Akan Diangkat Derajatnya;

Allah Swt berfirman: “Dan pada sebagian malam, dirikanlah salat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Al-Isra:79). Nyata di ayat itu poenegasan Allah bahwa bagi orang-orang yang melaksanakan solat tahajud, maka Allah akan mengangkat derajatnya ke tempat terpuji.

8. Melepaskan Simpul Godaan Syaitan;

Sabda Nabi Saw, “Pada waktu seseorang tidur, syaitan membuat tiga buah simpul dikepalanya. Untuk setiap ia mengatakan: tidurlah engkau sepanjang malam, bila ia terbangun, lalu maka lepaskanlah satu simpul. Jika ia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi; dan jika ia shalat, maka terbukalah seluruh simpul. Pada waktu bangun pagi, ia akan merasa penuh semangat dengan badan yang segar. Jika tidak, ia akan bangun pagi dengan perasaan serba tak enak” (HR. Imam Bukhari, dari shahabat Abu Hurairah r.a)

9. Menjadi Jembatan untuk Masuk Surga;

Sholat sunnah yang dilakukan dengan tekun dan penuh keikhlasan dapat menjadi sebuah jembatan untuk masuk surga. Hal itu dapat dipahami dari hadits berikut, “Hai sekalian manusia! Sebarkan salam, dan bagaikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Baca Juga Artikel


Demikian Hikmah dan Manfaat Sholat Tahajud bagi yang Istiqomah Rutin Mengerjakannya, semoga bermanfaat